Perjuangan ini akhirnya berakhir juga, hahaha

stres dan galau akademik selama dua bulan ini akhirnya menghilang dan diganti dengan rasa lega luar biasa! 

gimana ngga coba, mau sidang aja digantungin dan gatau jadwalnya kapan. minggu lalu ada yang bilang kalau sidang mulai senin minggu ini, terus ternyata sampai jumat sore ga dikasih pengumuman fix jadwalnya. ternyata jadwalnya diubah lagi (dan sebelum jadwal diubah ternyata saya kebagian jadwal sidang senin, tapi baru tau minggu malem lah). TU menjanjikan jadwal sidang keluar hari senin, tapi oh tapi bahkan sampai siang ga keluar2 jadwalnya. setelah saya tanya bu Mia, saya disuruh tanya dosen pembimbing untuk milih sidang hari rabu minggu ini atau senin minggu depan. terus ternyata ringkasan skripsi juga harus di ttd biar keluar jadwal sidang. eeaa paniklah saya dan nyari2 dosbing buat ketemu nanya jadwal dan tandatangan. karena hari senin itu ga ketemu sama sekali, akhirnya saya sms. eh smsnya bar dibales selasa pagi dengan kalimat singkat, “rabu minggu ini saja.” jeng jeng jeng, berarti besok dong saya sidang. pagi itu saya ke kampus buat minta ttd dosbing tapi ternyata beliau lagi ke jatinangor sampai siang. galau menunggu, saya coba tanya lagi ke TU dan memang TU ga bisa ngeluarin jadwal sidang kalau belum di ttd dosbing. alhamdulillah akhirnya siangnya ketemu juga sama dosbing. langsung saya buru2 ke TU dan ketemu bu Mia. Saya dapet dosen penguji Bu Ayda dan Pak Nyoman. haaaaaaa gimana ini ga nyambung sama TA saya tentang tumbuhan dan saya belum belajar anatomi fisiologi. mana kata temen2 beliau berdua yah begitulah kalau nguji *lemes*. teman2 saya pasti pada kaget begitu saya kasih tau dosen pengujinya siapa haha..tapi sebenarnya saya ga terlalu panik sih diuji sama bu Ayda, secara saya pernah jadi asisten proyek anatomi fisiologi dan lumayan dekatlah dengan beliau.beliau baik banget kok. tapi ya kalau ngasi pertanyaan memang kritis banget gitu. kalau sama orang yang belum kenal beliau pasti bilangnya terlalu galak dan tegas kalau nanya. kalau Pak Nyoman, saya bener2 gatau sama sekali hahaha..tapi kata temen2 saya beliau tipe pembantai dan kalau nanya detil banget. ngek. karena beliau ini menguasai mikrobiologi jadinya saya mau ga mau sampai minta slide kuliah ekologi mikroba nya ciwan deh *padahal ga pernah ngambil* dan ngafalin contoh2 bakteri.

udah pasrah dan ga bisa tidur nyenyak sama sekali semalam, hari ini saya sidang. 1 jam sebelum sidang saya ke kampus dan iseng ngeliat ke papan TU. HAH kok dosen pengujinya ganti?? kenapa jadi pak Sony? kok bukan pak Nyoman? aaaaa gimana ini ga belajar sama sekali soal biologi molekuler, transduksi sinyal sel, dll. lemes, panik, laper *loh* yaudahlah akhirnya mau ga mau kan harus dijalanin. agak tenang sedikit sih karena lumayan deket juga sama Pak Sony karena dulu pernah jadi ketua kelas waktu konsep biologi pas TPB dulu yang diajar beliau *trus kenapa, penting gitu?* beliau juga lumayan akrab sama saya dan emang baik sih. pas nunggu andhini keluar sidang, Pak Sony datang terus ngobrol2 sama saya. begitu beliau pergi, trus gantian bu Ayda datang dan ngobrol2 juga sama saya. curhat dikit sama si ibu,” ibuu saya deg-degan ini haaaa.” si ibu malah senyum terus bilang,” iya dong deg-degan, kalau ngga jantungnya ga berdenyut dong.” heeeee si ibu bisa aja.

akhirnya saya pun masuk ruang sidang. nyebelinnya sidang di SITH itu adalah slot waktunya yang lama, yaitu 2 jam! ngek, perasaan ada beberapa jurusan yang cuma sejam deh. 15 menit presentasi, 30 menit untuk masing2 dosen penguji, dan 15 menit terakhir dikasi pemberitahuan nilai dan kelulusan. alhamdulillah pertanyaan2 dari dosbing saya, bu endah, bisa saya jawab semua. ada sekitar 8-10 pertanyaan. kalau saya mulai stuck dan lupa2 dikit, beliau pasti ngarahin lagi sehingga saya bisa mikir dan ngejawab lagi pertanyaannya. begitu juga sama Pak Sony. beliau nanyanya nyantai dan ga mengintimidasi, jadi saya nya juga nyantai. yah lumayan lah bisa ngejawab 70-80% dari pertanyaan. kalau saya lupa juga saya diarahin lagi dan dikasi clue dikit2 biar bisa berpikir ke arah jawaban. kalau saya salah jawab, pak sony cuma bilang ,”yang bener?” sambil senyum2. bu Ayda sama bu Endah juga senyum2. bahkan ya, beberapa kali malah kami berempat jadi ketawa2 bareng gara2 saya nya yang bingung2 salah ngejawab gitu hahaha..pokoknya rileks banget lah pas sidang dan saya ga deg2an sama sekali. sama bu Ayda saya udah ngeduga pasti bakal ditanya anatomi blabla…eh tapi ternyata ngga. sama kayak bu E dan Pak S, saya ditanya seputar TA saya yang berkaitan dengan konsep dasarnya. nyerempet2 dikit agak kemana2 sih tapi masih masuk akal lah. kebanyakan pertanyaan bu A saya ga bisa jawab :p tapi beliau asik2 aja kalau saya bingung langsung dimaklumin dan diganti pertanyaannya. “oh yaudah tidak apa-apa” atau “masih inget ga? udah lupa ya? yasudah kalau lupa tidak apa-apa ” sambil senyum2, tapi senyum ramah dan bukan senyum mengintimidasi gitu. saya inget beliau ngomong itu pas saya ditanya mengenai perkembangan janin. hah dari tumbuhan kok ke janin? iya itu gara2 penelitian saya untuk mengukur biomassa tumbuhan kan pakai alometri, nah ternyata di janin manusia dibuat juga alometri untuk pertambahan ukuran janin *meneketehe, emangnya pernah dipelajarin yak? lupa sama sekali*.

setelah sidang, saya dipersilakan keluar sebentar sementara dosen penguji mendiskusikan nilai saya. saya kira ya, beneran ini, saya udah ngebayangin kalau saya keluar dari ruang sidang bakalan nangis2 gara2 ga bisa jawab atau terintimidasi, tapi malahan saya keluar sidang dengan muka cengar-cengir karena habis diskusi dan bercanda dengan para dosen. alhamdulillah~

kembali dipanggil ke dalam ruangan, saya pun masuk. lalu pak Sony berbicara yang membuat saya sediiih. beliau bilang begini, “yak shofia, telah berakhir sidang ini dan berakhir pula masa perkuliahan kamu di SITH ITB”. aaaa entah kenapa jadi sedih. udah gitu, berakhir aja yah. baru sadar kalau masa2 di sini udah selesai *ciee*, tapi beneran lah omongan itu bikin sedih. alhamdulillah saya dapa nilai A. bu E juga ngasi pujian ke saya kalau di sidang ini saya sangat tenang dalam ngejawab pertanyaan2 *alhamdulillah* dan telah mempersiapkan diri dengan sangat baik *katanya. padahal ibu mah gatau aja saya belum baca macem2 hahaha*. bu Ayda juga muji apa gitu tapi lupa haha. yaudah akhirnya setelah sidang ini, saya diselamatin sama para dosen penguji yang super baik hati itu. makasih paaak, buuuu…makasih bangeeeeet aaaaa :*

trus keluar2 dapet ucapan selamat dari temen2 gila cem adys, faiza, falma, dian, adel, dll aaaa makasih kalian. makasih juga buat ucapan selamat, gula2 kapas, cheese cake, red velvet, dan coklatnya :D :D :D

dan terutama sih paling makasih buat sang Maha Penolong. Alhamdulillah :’)